Monday 21 March 2016

Installasi W3School Offline di Localhost

Assalamu'alaikum

Dalam postingan kali ini saya akan sharing tentang cara install w3school offline di localhost, sebelum ke prosses installasi berikut penjelasan tentang w3school :
W3Schools adalah situs web developer informasi, dengan tutorial dan referensi yang berkaitan dengan topik pengembangan web seperti HTML, CSS, JavaScript, PHP, SQL, dan JQuery.
Situs ini mendapatkan namanya dari singkatan untuk World Wide Web; W3 adalah numeronim dari WWW. W3Schools tidak berafiliasi dengan W3C.
Hal ini dibuat dan dimiliki oleh Refsnes data, pengembangan perangkat lunak milik keluarga Norwegia dan perusahaan konsultan.
Situs ini menyediakan panduan referensi yang mencakup banyak aspek pemrograman web, termasuk teknologi seperti HTML, XHTML, CSS, XML, JavaScript, PHP, ASP, SQL dll
W3Schools menyediakan ribuan contoh kode. Dengan menggunakan editor online yang disediakan, pembaca dapat mengedit contoh dan mengeksekusi kode eksperimental.

Berikut langkah-langkah installasi w3school :
1. Download dahulu w3school offline disini 
2. Kemudian  copy atau pindah w3school di directory /var/www/html/



3. Kemudian Ekstrax folder w3school dengan mengetikkan perintah #7z x W3school Offline Version.7z


4. Kemudian ketikkan #ls untuk memastikan w3school telah terekstrax


5. Kemudian masuk ke directory w3school yang sudah terekstrak tadi, dengan perintah #cd (nama directory). Kemudian tekan #ls untuk melihat isi dari directory tersebut.


6. Setelah itu pindah salah satu folder di dalam w3school tadi ke directory /var/www/html, disini saya akan memindahkan folder www.w3school.com dengan mengetikkan perintah #mv www.w3school.com /var/www/html


7. Kemudian kembali ke directory sebelumnya dengan mengetikkan perintah #cd .. setelah itu ganti nama folder yang telah kita pindah tadi dengan perintah # mv www.w3school.com/ w3school


8. Kemudian beri hak akses dengan mengetikkan perintah
# chown www-data:www-data w3school/
# chmod 755 w3school/


9. Kemudian masuk ke directory w3school dengan perintah #cd w3school 
10. Setelah itu ubah nama dari file default.htp menjadi index.php dengan cara ketikkan perintah #mv default.htm index.htm


11. Kemudian buka browser dan ketikkan localhost/w3school. Berikut adalah tampilan awal dari w3school.


Sekian postingan saya kali ini, semoga bermanfaat..

Wassalamu'alaikum

0 comments:

Post a Comment