Wednesday 23 March 2016

Install Mikrotik OS di Virtualbox

Assalamu'alaikum

Dalam postingan kali ini, saya akan shraing tentang cara install mikrotik os di virtual box, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

1. Buka virtualbox kemudian klik new, setelah itu masukkan nama untuk os yang akan di install nanti, biarkan type dan version other. setelah itu klik next.


2. Setelah itu isikan penyimpanan RAM sesuai kebutuhan, disini kita direkomendasikan untuk penyimpanan RAM 64 MB


3.  Kemudian pilih Create a virtual hard disk now karena kita akan menyimpan filenya di hardisk virtual. 


4. selanjutnya untuk menentukan jenis file hard disk virtual yang akan dibuat. Standarnya VirtualBox menggunakan format file VDI (VirtualBox Disk Image) untuk penyimpanan hard disk virtual.
Sumber: Gufron Rajo Kaciak: Panduan Membuat Mesin Virtual di VirtualBox: http://dosen.gufron.com/tutorial/panduan-membuat-mesin-virtual-di-virtualbox/16/
VirtualBox juga mendukung pembacaan jenis file dari aplikasi-aplikasi virtual lainnya, seperti VMDK (Virtual Machine Disk) yang merupakan format dari aplikasi virtual Vmware, VHD (Virtual Hard Disk)format dari Microsoft Virtual PC, HDD (Parallels Hard Disk) format aplikasi virtual dari Parallels atau format dari aplikasi virtual QEMU. Disini saya memilih VDI kemudian tekan next.


5. Selanjutnya untuk menentukan hard disk virtual yang akan dibuat tersebut disimpan pada hard disk fisik (hard disk host).
Sumber: Gufron Rajo Kaciak: Panduan Membuat Mesin Virtual di VirtualBox: http://dosen.gufron.com/tutorial/panduan-membuat-mesin-virtual-di-virtualbox/16/
Di bagian ini tersedia 2 (dua) opsi yang dapat dipilih:
  • Dynamically allocated,
    Artinya kapasitas hard disk fisik akan digunakan berdasarkan berapa kapasitas hard disk virtual sudah terpakai dan tidak berdasarkan berapa ukuran hard disk virtual ditentukan. Kapasitas hard disk virtual akan dibatasi berdasarkan ukuran yang telah ditentukan.
  • Fixed size,
    Artinya kapasitas hard disk fisik akan digunakan berdasarkan ukuran kapasitas hard disk virtual dibuat, walaupun kapasitas hard disk virtual tersebut masih kosong atau belum digunakan.
Pilih opsi Dynamically allocated, kemudian tekan tombol Next.


 6. Kemudian kita isikan penyimpanan hardisk sesuai dengan kenutuhan. Kemudian klik create.


7. Kemudian akan muncul tampilan seperti di bawah, klik start.
 

8.  Klik icon folder, untuk memasukkan iso yang akan diinstall. Kemudian klik Start.



9.  Kemudian pada tampilan di bawah, tekan a untuk menandai semua aplikasi yang akan di install, setelah itu tekan i untuk melanjutkan menginstall mikrotik os.


10. Setelah itu jika di ada pertanyaan lagi tekan y, setelah itu kita di suruh untuk mereboot dengan menekan enter. Setelah itu tunggu prosses reboot hingga selesai.
 

11. Berikut adalah tampilan ketika di suruh login ke mikrotik os.
MikroTik Login : admin
Password : (kosong)
 

12. Berikut adalah tampilan dari mikrotik os yang telah terinstall.


Sekian postingan saya kali ini, semoga bermanfaat..

Wassalamu'alaikum

0 comments:

Post a Comment