Tuesday 15 March 2016

Install CMS Balitbang

Assalamu'alaikum

Dalam postingan saya kali ini saya akan sharing tentang Cms Balitbang. Sebelum ke prosses installasi dari cms balitbang, berikut penjelasan tentang cms balitbang :

CMS Balitbang merupakan aplikasi yang dirancang khusus untuk mengembangkan serta memublikasikan manajemen sekolah dan pembelajaran berbasis website dengan metode yang sangat mudah, tidak perlu penguasaan HTML,PHP, ataupun aplikasi publikasi web lainnya yang lumayan rumit. 
Latar Belakang Terciptanya CMS Balitbang adalah dari Salah satu kebijakan strategis Kementerian Pendidikan Nasional yang dituangkan dalam Renstra Depdiknas 2005-2009 adalah pemanfaatan secara optimal berbagai sarana seperti radio, televisi, komputer dan perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) lainnya untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Lalu Balitbang Kemdiknas sebagai lembaga penelitian dan pengembangan di bidang pendidikan mempunyai peran yang sangat strategis dalam melakukan pengembangan dan inovasi di bidang pendidikan. Salah satu kegiatan yang dilakukan Balitbang Kemdiknas adalah  Pembuatan Model Website Sekolah sejak Tahun 2009. Hingga saat ini (april 2011) model tersebut telah dipergunakkan oleh 413 sekolah (data terlampir pada menu pengguna di www.kajianwebsite.org).
Fitur yang tersediapun cukup lengkap, seperti: guru, siswa, alumni, banner, login member, statistic, agenda, berita, pencarian, info sekolah, galeri foto, jajak pendapat, materi ajar, peta situs serta tautan e-learning, serta blog. 

Berikut langkah installasi cms balitbang :

1. Petama masuk ke directory /var/www/html kemudian download terlebih dahulu cms balitbang disini

2. Setelah itu ketikkan #ls untuk melihat hasil download tadi.
 

3. Kemudian Ekstrak hasil download tadi dengan perintah #unzip (nama folder yang akan di ekstrak)
 

4. Kemudian Ketikkan #ls untuk melihat hasil ekstrak tadi.


5. Setelah itu ubah nama cms balitbang yang sudah di ekstrax untuk mempermudah ketika membuka nanti dengan cara #mv cmsbalitbangv35/ balitbang Kemudian ketikkan #ls untuk memastikan namanya sudah berubah.


6. Kemudian Beri hak akses dan hak milik cms balitbang dengan mengetikkan perintah
#chown -R www-data:www-data balitbang/
#chmod -R 755 balitbang/
 

7. Kemudian buka phpmyadmin untuk membuat database cms balitbang dengan cara klik database kemudian masukkan nama database kemudian klik create.
 

8. Kemudian buka web browser, ketikkan localhost/balitbang ; maka akan muncul tampilan seperti di bawah, lalu klik saya setuju.
 

9. Kemudian pilih Tinggakatan Sekolah sesuai dengan tingkatan sekolah yang akan menggunaka cms balitbang nanti, disini saya memilih Sekolah menengah atas/Madrasah Aliyah 
 

10. Lalu pilih paket sesuai dengan keinginan, disini saya memilih paket lengkap.
 

11. Kemudian isikan
Database Name : (nama database yang telah di buat di phpmyadmin )
Database User : (nama user ketika masuk ke phpmyadmin)
Database Password : (Pasword ketika masuk ke phpmyadmin )
Domain Website : (Domain sesuai keinginan)
Email Website : (Sesuai keinginan)
Nama Website : (nama untuk WEB dari cms balitbang nanti)
Alamat : (sesuai tempat dimana kita akan menggunakannya)
Username : (digunakan untuk login sebagai admin)
Password : (digunakan untuk login sebagai admin)


12. Jika Sudah terisi kemudian klik install
 

13. Berikut tampilan ketika cms balitbang telah berhasil terinstall. Jika ingin melihat WEB maka kita tinggal klik lihat web, tetapi jika ingin masuk sebagai admin maka klik login Admin.
 

14. Berikut Tampilan WEB awal cms balitbang ketika belum di edit.


15.  Berikut tampilan ketika kita login Admin, kita di suruh untuk memasukkan username dan pasword yang telah di isikan ketika prosses installasi tadi.


16. Berikut tampilan awal ketika sudah login sebebagai admin. Disini kita bisa mengedit semua dari tampilan WEB cms balitbang.
 
Sekian postingan saya kali ini, semoga bermanfaat..

Wassalamu'alaikum

0 comments:

Post a Comment