Monday 28 March 2016

Install Cisco Packet Tracer di Linux

Assalamu'alaikum


Dalam postingan saya kali ini saya akan sharing tentang Cisco Packet Tracer beserta cara installasinya, sebelum ke prosses installasi berikut adalah penjelasan tentang cisco packet tracer : 

Packet Tracer adalah simulator alat-alat jaringan Cisco yang sering digunakan sebagai media pembelajaran dan pelatihan, dan juga dalam bidang penelitian simulasi jaringan komputer. Program ini dibuat oleh cisco system dan disediakan gratis untuk fakultas, siswa dan alumni yang telah berpartisipasi di Cisco Networking Academy. Tujuan utama Packet Tracer adalah untuk menyediakan alat bagi siswa dan pengajar agar dapat memahami prinsip jaringan komputer dan juga membangun skill di bidang alat-alat jaringan Cisco

Berikut langkah-langkah installasi cisco packet tracer :

1. Kita harus menyiapkan file packet tracernya terlebih dahulu. File bisa download disini

2. Kemudian pastikan kita sudah mempunyai file packet tracer.



3. kemudian karena filenya berformat tar.gz maka kita harus mengekstraknya terlebih dahulu dengan perintah #tar xfvz (nama file)


4. Setelah itu masuk ke directory packet tracer. Dengan mengetikkan #cd PacketTracer62/ kemudian ketikkan perintah #./install kemudian tekan enter.




5. Kemudian jika muncul pertanyaan seperti di bawah langsung saja tekan Y kemudian enter.


6. Kemudian jika muncul lagi pertanyaan seperti di bawah langsung saja tekan Y dan enter, setelahitu tunngu sampai prosses installasi selesai.


7. Kemudian ketikkan #packettracer untuk membuka aplikasinya. 


8.Setelah itu jika muncul tampilan seperti di bawah, langsung saja klik ok.


9. Berikut adalah tampilan dari cisco packet tracer yang berhasil di install dan siap di gunakan.


Sekian postingan saya kali ini, semoga bermanfaat...

Wassalamu'alaikum

0 comments:

Post a Comment